Kamis, 24 Januari 2013

1870 De Deli Hotel

Deli Hotel1880

Memang sejak tahun 1876 di ibukota Kerajaan Deli, Labuhan, sudah terdapat bangunan rumah-rumah tembok bertingkat yang dibangun oleh para pedagang Belanda dan Cina. Di samping itu pembukaan hutan dimanfaatkan juga untuk mengembangkan prasarana jalan. Salah satu adalah dibukanya jalan tembus dari Labuhan Deli menuju Kampung Baru (dekat Medan yang masuk wilayah Suka Piring) selebar + 5 m.

Jalan baru ini berada hampir sejajar dengan Sungai Deli dan melalui sederatan kampung-kampung. Sejak jalan itu selesai dibangun, jarak yang dahulu ditempuh hampir memakan waktu seharian karena melalui jalan setapak yang berliku-liku dan jelek, kini sudah dapat ditempuh dalam waktu lebih kurang 4 jam. Sultan Deli juga telah menempatkan lampu uap di Labuhan sehingga jalan-jalan yang dulu gelap kini menjadi terang.

Deli Hotel1876
Karena kemajuan yang sangat pesat itulah, maka banyak orang Belanda berdatangan dan menetap di Labuhan. Melihat kemeriahan Labuhan Deli pada waktu itu, dan untuk memenuhi kedatangan para orang-orang asing maka dibangunlah hotel dengan nama Deli Hotel. Hotel pertama ini yang dibangun sekitar 1870 an.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate