Selasa, 24 Februari 2015

1898 Nederlandsch Indische Gasmaatschappij (NIGM) dibuka

Nederlandsch Indische Gasmaatschappij (NIGM) Medan
Pada tahun 1863 didirikanlah Nederlandsch Indische Gasmaatschappij (NIGM) di Belanda. Perusahaan ini khusu menangani Gas dan listrik luar negeri. Usaha listrik pertama di Medan dimulai tahun 1898 yang diberikan konsesi pada perusahaan Deighreis.co. Pembangunannya disahkan oleh Pemerintah Hindia Belanda no.18 Juli 1898.
Saat Medan menjadi kota, maka dibutuhkanlah penerangan kota di awal 1900. Pada Bulan Maret 1900 diperolehlah kontrak pertama untuk menerangi jalan-jalan di Medan. Awalnya perusahaan ini dipimpin oleh Messrs Koopman & co yang kemudian diambil alih oleh tuan Kerstens dan Harlingen sedangkan komisarisnya Mr. Schadee.

Peta Electric Fabriek 1906
Kantor NIGM berada di Jalan Listirk Medan sekarang. Dari peta diatas kelihatan situsnya dengan nama Electric Fabriek berada disebelah kanan dari Polonia Park.
Mesin-mesin baru dipasang dan konsumen-konsumen swasta ditambah dengan mengurangi tarifnya. Terdapat 16% konsumen swasta pada waktu itu. Yaitu: 
  1. Medan Hotel sebanyak 523 lampu
  2. Perumahan Tjong A Fie sebanyak 425 lampu
  3. Witte Societeit sebanyak 334 lampu
  4. Hotel De Boer sebanyak 352 lampu
  5. Istana Maimoon sebanyak 317 lampu.
Mesin diesel yang dipakai untuk menggerakkan listrik buatan Nedherlands Fabriek van Werkingen en Soopweg materieel Amsterdam. Sedangkan electrische plaat buatan Westinghouse.Co dan Electrotechnische Industrie dari Slikkeveer. (MTD:Lukman Sinar,59)

Pada tahun 1950, Nederlandsch Indische Gasmaatschappij (NIGM) berubah menjadi Overzeese Gas- en Elektriciteitsmaatschappij N.V. (OGEM)

1 komentar:

Translate