Minggu, 31 Maret 2013

1886 Jalur DSM Medan Labuhan

Stasiun Kereta Api Deli Spoorweg di Medan 
Setelah mendapat perizinan dan jalur konsesi, maka Deli Maatschappij melalui perusahaan Deli Spoorweg Maatschappij mulai melakukan pekerjaannya. Rel, kantor, perumahan serta stasiun mulai dibangun. Stasiun pusat dibangun di sebelah kanan dari Hotel de Vink. Di depan lapangan yang luas yaitu lapangan Esplanade nantinya.
Perencanaan Stasiun Medan menjadi cikal bakal pusat kota Medan berada dikawasan ini. Photo diatas adalah stasiun kereta api Medan yang baru siap. Banyak kuli-kuli diperkerjakan untuk membangun landasan rel-rel kereta api ini. Jalur pertama yang direncanakan adalah jalur Medan - Labuhan. Karena pada saat itu, Labuhan masih menjadi pusat pemerintahan Sultan Deli.
Jalur ini dibuat dalam perencanaan awal adalah untuk mempermudah dan mempercepat perpindahan kota. Dengan dikeluarkannya surat  no.17 tanggal 23 Januari 1886 pembangunan jalur Medan - Labuhan sejauh 16,743 Km segera terealisasi.


Stasiun Labuhan 
 
3 buah lokomotif yang akan dipergunakan untuk kebutuhan transportasi di Deli adalah Lokomotif B 2t 1067 "Sumatra" yang dibuat oleh perusahaan Belanda Hohenzollern untuk Deli Spoorweg Mij.





0 komentar:

Posting Komentar

Translate