Jumat, 22 Maret 2013

1879 Kantor Pos & Telegram Medan dibangun

Kantor Pos & Telegraf Medan

Semakin berkembangnya kampung Medan dengan beragam penduduknya pada waktu itu, sehingga dibutuhkanlah dengan segera pembangunan beberapa fasilitas pelayanan umu untuk masyarakatnya. Keluhan-keluhan tuan kebun dan kuli untuk memberi kabar bagi keluarganya di tempat jauh adalah masalah yang menjadi pokok pembahasan pada masa itu. Kerinduan dan kabar berita selalu dinantikan sanak familinya.

Untuk itu maka asisten residen Deli membangun fasilitas kantor pos dan telegraf di Medan pada tahun 1879. Kantor Pos ini pertama sekali dibangun di sebelah kiri dari Witte Societeit Medan.

Peta Kantor Pos & Telegraaf

Dari beberapa artikel yang pernah saya baca, Di Indonesia, Belanda memang membuat selalu membuat atau membangun kantor Pos berdekatan dengan Stasiun Kereta Api. Tentu tujuannya adalah mempermudah pengiriman barang baik paket maupun surat ke berbagai tempat yang mereka  tuju.Gambar peta diatas diambil dari peta site plan kota Medan tahun 1906. Berarti sebelum kantor pos besar dibangun sebelah kanan dari Witte Societiet, maka disinilah lokasi pertama dari kantor Pos Medan.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate