Senin, 02 Maret 2015

1902 Jalur DSM Selesai - Kuala

Jalur DSM Binjei - Kwala
Setelah selesai jalur Binjei ke Selesai pada tahun 1890, maka selanjutnya adalah stasiun Padang Tjermin dengan jarak 16 Km dari Binjai dan berakhir di Stasiun Kwala dengan jarak 21 Km dari Binjai.

Jalur Selesai ke Kuala ini sesuai dengan akte No. 33, tgl 11 Aug 1901 dengan jarak 9943 Km. Jalur ini dibangun tanggal 5 November 1902. Pembangunan jalur ini untuk mempermudah angkutan hasil perkebunan, terutama hasil tembakau, sawit, karet di sekitar langkat selatan.

Jalur ini di tutup sekitar tahun 2002, beberapa faktor yang membuat jalur ini di tutup adalah runtuhnya jembatan Kereta api sei bingei akibat banjir besar pada tahun 2002 dan ditutup nya seluruh halte dan stasiun di lintas ini. Sebelum ditutup, jalur ini sempat di kabarkan akan di fungsikan kembali sehubungan sebuah perusahaan semen asal meksiko berencana membangun pabrik di lintas ini dan menggunakan KA sebagai alat angkut nya, tapi seiring berjalan waktu, pihak perusahaan semen batal membangun pabrik nya dan akhir nya jalur ini di tutup total. 
http://id.wikipedia.org/

2 komentar:

  1. Saya putera Kuala dan bila membaca sejarah kereta api dikuala emosi saya teraduk-aduk dan sering disertai keluarnya airmata, saya rindu suasana masa kecil

    BalasHapus

Translate