Selasa, 02 April 2013

1887 Jalur Rel Kereta Api Binjai & Deli Tua

Stasiun Binjai

Pada tanggal 23 Januari 1883 dikeluarkanlah tanah konsesi untuk kereta api jalur Medan ke Binjai No.17, tgl 23 Jan 1883 dengan jarak 20,888 km.   1 Maret 1887 barulah tahap pengerjaannya dimulai.
Photo diatas adalah photo Stasiun Binjai (BIJ) yang terletak di Binjai Timur, Binjai. Stasiun yang terletak pada ketinggian ±29,52 m dpl ini sekarang berada di Divisi Regional 1 Sumatera Utara dan NAD. Tidak seperti kebanyakan stasiun lain di Sumatera Utara yang sudah berganti arsitektur, Stasiun Binjai ini masih mempertahankan gaya bangunan kolonial semenjak masa pembangunannya dulu. Sebelum sampai ke Binjai, dibangun pula 4 stasiun yaitu: Sikambing, Sunggal, Sungai Semayang, dan Diski.

Stasiun Binjai ini dibangun menjadi stasiun persimpangan antara jalur ke Besitang dan jalur ke Kuala. Namun saat ini jalur KA ke Kuala sudah mati dan yang tersisa hanyalah bekas-bekasnya saja. Jalur KA menuju Kuala dan Besitang terdapat di sebelah Utara stasiun Binjai.

Stasiun Binjai memiliki 6 jalur KA, namun sekarang hanya tersisa 3, yang menggunakan rel R25 & R33. Di ujung utara stasiun ini juga masih terdapat sisa menara air dan sumurnya, serta corong pipa pancuran pengisian air untuk lokomotif uap di ujung utara dan selatan emplasemen stasiun ini.

Stasiun DSM Deli Tua 

Sama dengan surat konsesi tanggal 23 Januari 1883 untuk Medan- Binjai, maka dibukalah jalur kereta api Medan - Deli tua yang melewati Kampung Baru dengan jarak 11.249 km. Baru tanggal 4 September 1887 mulai pengerjaan jalur ke Deli Tua ini.

1 komentar:

  1. Izin ane lengkapin gan informasinya,,,, pasti jadi berita mantabbbb

    BalasHapus

Translate