Rabu, 23 Januari 2013

1869 De Deli Maatschappij

Rumah Hoofadministrator Deli Mij di Labuhan 1876
De Deli Maatschappij didirikan pada tahun 1869 oleh Jacob Nienhuys dan Peter Wilhelm Janssen sebagai perusahaan budi daya tembakau dengan konsesi untuk Kesultanan Deli di Sumatera, Hindia-Belanda (kini Indonesia). 50% saham Deli Maatschappij dibagi untuk Nederlandsche Handel-Maatschappij.
Para Hoofadministrator dan Administrator Deli Maatschappij 1876
Deli Maatschappij pertama sekali berkantor dengan konsesi lahan pertama sekali dekat dengan ibukota Labuhan Deli. Bisa dibilang Deli Mij adalah pelopor pertama perkebunan tembakau di Deli. Dari beberapa catatan saya,dan beberapanya juga akan saya jabarkan diblog ini perkebunan yang didirikan diera ini adalah Perkebunan Two Rivers, Gedong Johore, Marendal Estate, Vesivius Estate, Bangoen Estate dan lain-lain.

Pada abad ke-19, Deli Maatschappij mengeksploitasi lahan seluas 120.000 hektar. Aktivitas perusahaan tersebut berdampak pada makin berkembangnya Medan.

Peta Kantor Deli Mij di Jalan Deli Laan 1895

Deli Laan 1890

Rumah Nienhuys menjadi kantor pusat pertama Deli Mij, cikal bakal Deli Maatschappij (sekarang di Jalan Tembakau Deli ). Dulu bangunan ini masih berlantai nibung, beratap rumbia, dan berdinding bambu. Kediaman pribadi Nienhuys sendiri dibangun dari kayu di sebelahnya.

Rumah Nienhuys 1869
Setelah Perang Dunia II, Indonesia merdeka. Pada tahun 1958, aktivitas pertembakauan di negeri ini dinasionalisasi. Karena kepiawaian dalam masalah tembakau, Deli Maatschappij bergabung dengan perusahaan Homogenized Tobacco Leaf (HTL) pada tahun 1959. Setelah itu, Deli Maatschappij memperluas aktivitasnya dalam produksi teh dan karet. Pada tahun 1972, perusahaan kayu Jongeneel bergabung dengan Deli Maatschappij di mana Deli Maatschappij juga memperoleh posisi kuat dalam pasar kayu dan bahan bangunan Belanda.

Pada tahun 1986, Deli Maatschappij digabungkan dengan Universal Leaf Tobacco Company (ULTC). Perusahaan tersebut dipisahkan menjadi divisi yang menjalankan aktivitas terkait pertembakauan (UTLC) dan perusahaan dagang untuk produk lain, yakni Deli Universal. Sejak tanggal 1 September 2006, Deli Universal berdiri sendiri melalui manajemen pembelian semua saham (buy-out). Kantor pusatnya berada di Wijnhaven (Rotterdam). Di sinilah gudang penyimpanan dan pengepakan tembakau milik bekas Deli Maatschappij. Aktivitas pertembakauan masih di luar buy-out dan sekarang bernama Deli-HTL.

Sejak pendiriannya hingga penggabungannya pada tahun 1986, Deli Maatschappij didaftarkan di Bursa Efek Amsterdam sebagai saham utama. (wikipedia)

0 komentar:

Posting Komentar

Translate