Selasa, 26 Maret 2013

1884 Kuil Shri Mariamman Medan

Kuil shri Mariamman Medan


Semakin banyak kuli Tamil di Perkebunan Medan, maka pada tahun 1884 dibangunlah kuil khusus untuk orang Tamil di Kampung Madras dengan nama KUIL SHRI MARIAMMAN. Disini juga dibangun candi yang didirikan oleh Guardhuara Sahib. Pendeta yang pertama ialah Bhai Surain Singh Ji.

Kuil Shri Mariamman adalah kuil Hindu tertua di Kota Medan, Indonesia. Kuil ini dibangun pada tahun 1884 (ada pula yang menyebut 1881) untuk memuja dewi Kali. Kuil ini terletak di kawasan yang dikenal sebagai Kampung Keling. Kuil yang menstanakan lima dewa, masing-masing Dewa Siwa, Wisnu, Ganesha, Dewi Durga (Kali), dan Dewi Aman itu dikelola salah seorang keluarga pemilik perusahaan besar Texmaco, Lila Marimutu. Pintu gerbangnya dihiasi sebuah gopuram, yaitu menara bertingkat yang biasanya dapat ditemukan di pintu gerbang kuil-kuil Hindu dari India Selatan atau semacam gapura.

Sebuah Kuil Shri Mariamman yang lain juga terletak di Medan, di sebelah selatan kota, dekat Sungai Sepit. Kuil ini dibangun pada tahun 1876. Setiap tahun di kuil ini dilaksanakan ritual Theemithi, yaitu ritual berjalan di atas api, dalam rangka perayaan Thaipusam.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate