Jumat, 12 April 2013

Koin Perkebunan Deli Bedagai Limited

50 cent Koin Perkebunan Deli-Bedagei Plantation Limited

Deli - Bedagei Plantation Limited adalah sebuah perkebunan yang terletak di Bedagei, wilayah Serdang, keresidenan Sumatra Timur. Tak diketahui kapan koin ini diedarkan.


Dibawah ini adalah koin 50 cents yang dikeluarkan diperkebunan Bedagei Deli untuk landskep Sei Bamban. Koin ini dikeluarkan oleh sebuah kedei. 

Pemilik kedai dengan mudah memberi kredit untuk beberapa macam barang, dan mereka memberi harga yang lebih tinggi dari harga di kota terdekat. Kuli dapat menukarkan bon atau keping logamnya di kedai perkebunan, tetapi mereka menerima uang yang nilainya jauh lebih rendah. Sering penukaran demikian merupakan satu-satunya cara untuk memperoleh uang kontan.

Kedai perkebunan hanyalah satu dari mata rantai jaringan hutang yang memerangkap kuli, dan rasa tak puas kadang-kadang meluap juga. Pada 1902, kuli disebuah perkebunan menyerang administratur karena dia membayar hanya dengan uang kedai, tidak seperti biasanya, sebagian dengan mata uang perak atau tembaga dan sebagian lagi dengan kertas bon. Serangan para kuli terhadap kedai perkebunan selalu saja terjadi. Desakan dari pemerintah agar perkebunan membayar upah dengan mata uang yang berlaku tidak dihiraukan oleh para majikan. Dengan mengeluarkan bon kedai atau bon “estate” ( perkebunan ) mereka memperkokoh cengkeraman atas para kuli. Maka belanja paksa pun berjalan terus ( Van der Brand 1907 ).


Kedei Seing Huat Sei Bamban mengeluarkan token 

Transportasi tembakau di Bedagei 1890

0 komentar:

Posting Komentar

Translate