Selasa, 24 Februari 2015

1898 De Sumatra Post Terbit

Gedung dan karyawan De Sumatra Post dan Pertja Timor 1908
Setelah tahun 1885, De Deli Courant terbit,maka pada tahun 1898 terbitlah surat kabar De Sumatra Post. Surat kabar ini didirikan oleh orang Jerman bernama Jozeph Hallermann. Hallerman juga adalah seorang planter di Sumatra. Di tahun 1890-an Hallerman tinggal di Medan. 

De Sumatra Post yang menjadi suatu koran tiap hari. De Sumatra Post lebih terkenal sebagai koran yang sangat independen dan lebih progressif daripada De Deli Courant. 
Editor pertama dari De Sumatra Post adalah pengacara van den Brand dan diikuti oleh Karel Wybrands. Di tahun 1914 Hallermann pulang ke Jerman. Perusahan penerbitnya dengan De Sumatra Post telah dibeli oleh A.P. Varekamp. (De Sumatra Post 1898-1923). Journalis Karel Wybrands mengikuti van den Brand sebagai kepala editor dari De Sumatra Post. Dalam kontribusinya yang pertama di tahun 1899 ia menulis : ”Saya akan selalu sejauh saya bisa selalu akan berjuang untuk yang bagus, benar dan indah, tanpa membedakan orang orang.” (SP 3-8-1899).
Selain, Wybrands, A.J. Lievegoed juga pernah menjadi redaktur di Sumatra Post ditahun 1901.
Gedung kantor Boekhandel & Drunkkerij
Varekamp & Co Sumatra Post
Karel Wybrands

A. J. Lievegoed
Gedung kantor Boekhandel & Drunkkerij Varekamp & Co Sumatra Post berada di Paleis weg atau jalan Komando Laut Yos Sudarso no.107 Medan sekarang. Gedung nya sekarang dijadikan gedung Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Medan

0 komentar:

Posting Komentar

Translate